Friday, February 13, 2009

Manajemen Stress


Pada Saat Kuliah Tentang Manajemen Stress,Stephen Covey Mengangkat Segelas Air DanBertanya Kepada Para Siswanya,
"Seberapa Berat Menurut Anda, Kira-KiraSegelas Air Ini..?"
Para Siswa Menjawab Mulai Dari 200 GramSampai 500 Gram,"
Ini Bukanlah Masalah Berat Absolutnya..Tapi Tergantung Berapa Lama AndaMemegangnya. ." Kata Covey,"Jika Saya Memegangnya Selama 1 Menit..Tidak Ada Masalah..""Jika Saya Memegangnya Selama 1 Jam...Lengan Kanan Saya Akan Sakit..""Dan Jika Saya Memegangnya Selama 1 HariPenuh.. Mungkin Anda Harus MemanggilkanAmbulans Untuk Saya..""Beratnya Sebenarnya Sama.. Tapi SemakinLama Saya Memegangnya. . Maka BebannyaAkan Semakin Berat..""Jika Kita Membawa Beban Kita TerusMenerus.. Lambat Laun Kita Tidak AkanMampu Membawanya Lagi..""Beban Itu Akan Meningkat Beratnya.."Lanjut Covey,"Apa Yang Harus Kita Lakukan AdalahMeletakkan Gelas Tersebut.. IstirahatSejenak Sebelum Mengangkatnya Lagi..""Kita Harus Meninggalkan Beban KitaSecara Periodik.. Agar Kita Dapat LebihSegar Dan Mampu Membawanya Lagi..""Jadi Sebelum Pulang Ke Rumah DariPekerjaan Sore Ini.. Tinggalkan BebanPekerjaan....""Jangan Bawa Pulang.. Beban Itu DapatDiambil Lagi Besok..""Apapun Beban Yang Ada Di Pundak AndaHari Ini.. Coba Tinggalkan Sejenak JikaBisa..""Setelah Beristirahat. . Nanti DapatDiambil Lagi..""Hidup Ini Singkat.. Jadi CobalahMenikmatinya Dan Memanfaatkannya. .!""Hal Terindah Dan Terbaik Di Dunia IniTak Dapat Dilihat, Atau Disentuh..""Tapi Dapat Dirasakan Jauh Di RelungHati Kita..!"


Catatan:
Demikian pula dengan stress,
bila kita tidak mampu melepaskan sedikit demi sedikit,
tentu anda dapat membayangkan apa yang akan terjadi ?!

No comments: